Bacaan Niat dan Doa Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin Terjemah

Doa Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin Dan Terjemah Indonesia - Sholat dhuha adalah sholat yang dilakukan pada waktu dhuha, yaitu waktu pagi agak siang sampai sebelum dhuhur. Jika diukur dengan waktu di Negara kita, maka waktunya kurang lebih antara jam 08.00 – 11.00. Sholat dhuha sangat dianjurkan untuk dilakukan, atas dasar hadis nabi yang menyatakan bahwa dalam setiap tubuh manusia ada 360 ruas yang harus disedekahi. Dan 2 rakaat sholat dhuha dapat menggantikan sedekah itu.

Bacaan Niat dan Doa Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin Terjemah


Di samping maksud diatas, yang sudah popular dari manfaat sholat dhuha adalah melancarkan rezeki. Maka setelah melakukan sholat dhuha, doa yang dibaca pun khusus untuk menarik rezeki tersebut. Harapan nya adalah kita dikarunia oleh Allah rejeki yang banyak dan berkah.

Dalil Tentang Sholat Dhuha

Sholat dhuha adalah sholat sunat yang banyak sekali manfaatnya. Selain memperbanyak amal baik, sholat dhuha juga berfungsi sebagai alat untuk membayar hutang kita kepada Alloh SWT.
Hutang apa itu ? hutang atas nikmat Alloh yang Alloh berikan kepada kita setiap hari, setiap jam, setiap menit, dan setiap detik. Bukankah setiap detik kita bernafas menghirup udara segar yang dinamakan oksigen ? lalu dari mana oksigen itu jika bukan dari Alloh SWT. Begitu juga nikmat-nikmat Alloh yang lainnya seperti nikmat mata, nikmat sehat, dan nikmat nikmat lainnya.


Dalam sebuah hadits dikatakan:

"Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma'ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha." (HR. Muslim, no. 1181)

Bacaan Niat Sholat Dhuha

Bacaan Niat dan Doa Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin Terjemah

atau anda bisa menggunakan tambahan di bawah ini yang lebih lengkap

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatad dhuhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.

Aku niat melakukan shalat sunat dhuha 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala.

Surat-Surat Pendek Yang Dibaca

Surat pendek yang dibaca setelah membaca surat Al Fatihah adalah surat Asy Syamsi pada rakaat pertama dan surat Ad Dhuha pada rakaat ke dua (pendapat Imam Jalal Suyuthi dalam Hawsyil Khothiib).

Surat Asy-Syamsi (rakaat pertama)

Bacaan Niat dan Doa Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin Terjemah

Surat Adh-Dhuha (rakaat ke 2)

Bacaan Niat dan Doa Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin Terjemah


 Pendapat lain yang juga sama kuatnya adalah membaca surat Al Kafirun pada rakaat pertama dan surat al Ikhlash pada rakaat ke dua (pendapat Ibnu Hajar dan Imam Ramli). Para ulama sepakat menganjurkan untuk mengumpulkan dua pendapat tersebut dengan membaca surat Asy Syamsi pada rakaat pertama dan Al Kafirun pada rakaat kedua, pada 2 rakaat pertama.  Selanjutnya pada 2 rakaat selanjutnya, membaca ad Dhuha pada rakaat pertama dan al Ikhlash pada rakaat ke dua. Untuk rakaat-rakaat selanjutnya, membaca surat al Kafirun pada rakaat pertama dan al Ikhlash pada rakaat ke dua.

Dan inilah doa sholat dhuha dan terjemahnya.

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHALIHIN.

Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.” Aamiin.


Demikian penjelasan lengkap tentang sholat dhuha dan doanya. Silahkan anda hafalkan doa sholat dhuha dan terjemahnya di atas, semoga dengan mengamalkan itu kita  mendapatkan ridho dari Allah dan rezeki kita bisa lancar . Amin.

Belum ada Komentar untuk "Bacaan Niat dan Doa Sholat Dhuha Lengkap Arab Latin Terjemah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel